Khasiat Buah Sirsak dan Daun Sirsak

CREAM GAMAT EMAS

Tuesday, July 31, 2012

penyebab anak tidur mendengkur dan cara mengatasinya


 Kebanyakan orang tua mengira ketika mendengar anaknya tidur mendengkur, anak tersebut tidur terlelap atau karena kelelahan, padahal itu anggapan yang tidak benar, perlu anda ketahui bahwa anak yang tidur mendengkur merupakan masalah yang banyak di alami anak-anak, berdasarkan penelitian menunjukkan sekitar 12% anak dengan usia 1-9 tahun mengalami tidur mendengkur sebanyak lebih dari 3 kali setiap pekan, dengan suara yang terdengar oleh orang tuanya.

Penyebab utama anak yang tidur mendengkur adalah terjadinya henti nafas atau kalau itu terjadi pada orang dewasa si sebut dengan sleep apnea, yaitu terjadinya penyempitan saluran pernafasan hingga bergetar saat di lewati udara.

Faktor utama terjadinya penyempitan saluran nafas pada anak pada umumnya di sebabkan oleh 3 faktor yaitu :

  1. Kelainan anatomi tubuh, seperti rahang yang kecil atau saluran nafas yang kecil sejak lahir.
  2. Otot dan sistem syaraf di sekitar saluran pernafasan kurang bekerja optimal atau kurang terkoordinasi.
  3. Terjadinya pembesaran tonsil dan adenoid yang lebih sering di sebut amandel.
Akibat jangka pendek akibat tidur mendengkur pada anak adalah:

  • Kualitas tidur yang buruk, karena kurangnya pasokan oksigen.
  • Anak menjadi mudah letih
  • Konsentrasi belajar menurun
  • Prestasi anak di sekolah menurun.

Akibat jangka panjang dari gangguan ini:
  • Berkurangnya pasokan oksigen secara terus menerus dan berlangsung lama akan mempengaruhi fungsi jantung dan pembuluh darah yang berpotensi memperparah hipertensi bila anak mengalami penyakit itu.
  • Karena sering merasa  letih, anak lebih cepat lapar dan cenderung makanan yang cepat di olah menjadi energi seperti makanan manis, hal ini akan memicu resiko terkena obesitas, anda harus waspada, anak obesitas yang tidur mendengkur akan bertambah parah penyakitnya.
  • Metode diet yang tidak tepat karena tingginya nafsu makan akan berakibat pada meningkatnya kolesterol dalam darah yang berpontensi mengalami sakit jantung ketika dewasa.
Faktor penyebab anak tidur mendengkur yang paling umum adalah karena amandel, oleh karena itu cara pencegahan dan pengobatan yang pertama harus di lakukan adalah mengatasi masalah amandel atau radang tonsil-adenoid dan masalah kelainan anatomi dan sistem syaraf dapat di atasi dengan metode bedah orthodontik.
Bagaiman para ibu? setelah membaca artikel saya di atas, intinya jangan menganggap sepele ketika anak anda ketika tidur mendengkur, segara lakukan analisa agar dapat melakukan pengobatan lebih dini.
semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment