Wednesday, August 1, 2012

Tentang kanker payudara

penyakit kanker banyak jenis seperti kanker otak, kanker kulit dan beberapa jenis kanker lainya, seperti halnya kanker payudara, penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan dan menakutkan bagi wanita, penyakit ini berawal dari keganasan sel-sel payudara yang tidak terkendali pertumbuhannya, namun tidak menutup, laki-laki juga bisa mengalami penyakit ini.

Struktur dan bentuk payudara wanita
Sedikit mengulang penjelasan di atas, bahwa kanker payudara  terjadi karena tumbuhnya sel-sel ganas yang terbentuk pada jaringan payudara

Payudara wanita merupakan perpaduan dari :

  • Kelenjar di bagian dada yang berfungsi memproduksi air susu yang di sebut lobulus, dan saluran kecil sebagai jalan keluarnya susu di sebut duktu
  • Lemak dan jaringan ikatnya.
  • Pembuluh darah
  • Dan kelenjar getah bening.
Kebanyakan kasus terjadinya penyakit kanker payudara bermula dari sel-sel yang melapisi duktus kemudian lobulus ,dan jaringan lainnya.

Bagaimana kanker payudara bisa menyebar dengan cepat.
Virus kanker payudara bisa menyebar melalui getah bening, sel-sel kanker dapat dengan cepat memasuki kelenjar getah bening dan apabila telah mencapai pembuluh getah bening di ketiak (Node Axilaris) maka akan terjadi pembengkakan pada ketiak, apabila sampai ke tahap ini ada kemungkinan sel-sel kanker telah masuk ke aliran darah dan organ tubuh lainnya dan akan menjadi referensi para dokter untuk memastikan langka pengobatan selanjutnya.

Mitos benjolan pada payudara.
Banyak orang beranggapan bahwa benjolan yang ada di payudara merupakan awal tumbuhnya kanker padahal tidak sepenuhnya benar, harus di lakukan penelitian secara intensif untuk mendapatkan kepastian diagnosanya.
Benjolan pada payudara pada umumnya adalah karena perubahan fibrokistik.
Fibrosisi pembetukan jaringan perut, sedangkan kista adalah kantung berisi cairan, perubahan fibrikistik akan berkibat payudara bengkak dan nyeri, terjadi sebelum periode menstruasi mulai.

Jenis - jenis penyakit kanker payudara yang harus anda waspadai.
Ada lebih dari satu jenis kanker payudara dari kanker yang umum sampai jenis yang langka, dan ada pula perpaduan keduanya dan berikut ini adalah beberapa jenis kanker yang invasif dan in situ.
1. kanker: Duktal Karsinoma in Situ (DCIS), ini adalah jenis kanker payudara yang dengan kasus paling banyak, kanker ini bertipe non-invasif. DCIS yaitu sel-sel kanker berada dalam duktus dan tidak atau belum menyebar keluar duktus di sekitar jaringan payudara dan sekelilingnya.
Menurut hasil survey, 1 dari 5 penderita kanker payudara, satu di antaranya adalah kanker tipe DCIS, jenis kanker ini masih dinding tergolong jinak dan dapat di sembuhkan dengan pengobatan dini sebelum meningkat tipenya.
Pengobatan penderita kanker tipe DCIS
Untuk pengobatan Kanker DCIS ini biasanya dokter akan menentukan atau mencari sel-sel kanker yang mati yang di sebut dengan istilah nekrosisi tumor dan apabila nekrosis telah di temukan, maka akan terindikasi bahwa tumor itu lebih agresif. penjelasan kanker DCIS nekrosis biasanya di sebut dengan istilah Comedocarsinoma.

2. Lobular Carsinoma in situ (LCIS), Sebenarnya bisa di bilang ini bukan kanker, namun LCIS bisa di kelompokan dalam tipe kanker non-Invasi. penyakit ini bermula dari kelenjar payudara yang berfungsi menghasilkan air susu, namun LCIS tidak berkembang melewati dinding lobulus.
Bagi penderita kanker payudara tipe LCIS di sarankan melakukan pengobatan dengan metode mamografi secara rutin, untuk mengurang resiko kanker naik menjadi invsive.

Jenis-jenis penyakit kanker payudara langka
1. Kanker payudara terinflamasi (IBC)
Jenis ini sangat jarang terjadi, hanya 3% saja dari kasus kanker payudara yang terjadi. Kanker jenis ini secara umum tidak
tumbuh benjolan atau tumor, kulit payudara penderita terlihat merah dan bersuhu hangat, kulit mengkerut dan terasa tebal bila di raba, hal ini di sebabkan karena sel-sek kanker telah menutup pembuluh getah bening di kulit.
Pasien kanker janis IBC cenderung menyebar dan lebih berbahaya bila di bandingkan dengan kanker tipe ILC dan IBC.

Penyakit paget pada puting payudara, kanker ini bermula dari duktus kemudian menjalar ke sekitar kulit puting payudara dan berakhir di lingkaran gelap sekitar puting (Areola). Hanya 1% dari semua kasus yang terjadi, merupakan kanker payudara jenis ini.
Tanda-tanda kanker paget:
Areola dan kulit puting pecah-pecah, berwarna merak dan bersisik.
Terdapat area berdarah.
Area merah tersebut terasa gatal dan terbakar.

Menurut beberapa dokter penyakit paget sering identik dengan DCIS atau IDC. Metode pengobatan yang di lakukan adalah mastektomi, penyakit ini bisa di sembuhkan apabila DCIS tanpa kanker invasif dan berhasil melakukan pengangkatan payudara.
semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment