Tuesday, August 7, 2012

Temukan penyebab dan solusi mengatasi kecemasan berlebihan(Anxienty)

Ada berbagai alasan orang yang mengalami masalah kecemasan berlebihan dengan berbagai macam penyebab pula, seperti pengalaman masa lalu yang buruk dan menyakitkan.

Pengalaman masa sebagai penyebab kecemasan berlebihan di bagi menjadi dua yaitu
  1. penyebab kecemasan secara psikologis seperti kegagalan dalam rumah tangga, putus dengan pacar, sakit dengan dengan seseorang yang membuat pasien kecemasan tidak bisa melupakan pengalaman buruk tersebut.
  2. Kecemasan dengan penyebab fisik, rasa cemas jenis ini lebih tepat di sebut dengan istilah trauma, yaitu orang yang mengalami pengalaman masa lalu sehingga menyebabkan tubuhnya cacat atau terluka, contoh: pernah mengalami kecelakaan, terkena senjata tajam, terjatuh dari ketinggian. pada kasus ini pasien akan merasa cemas dan takut ketika melihat segala sesuatu yang mengingatkannya dengan kejadian masa lalu si penderita.
Pengertian kecemasan
Kecemasan secara umum terbagi menjadi 3 bagian penting yang saling berkaitan yaitu :
  • Kecemasan adalah kondisi di mana penderita akan merasakan perasaan tidak nyaman dengan suatu keadaan di sekelilingnya.
  • Kecemasan dapat pula merupakan bentuk nyata dari perasaan stress yang parah dan kompleks sehingga penderita akan merasakan kecemasan yang amat sangat atau berlebihan.
  • Kecemasan dapat pula berarti suatu kecenderungan seseorang dalam menghadapi suatu masalah, efek yang di timbulkan berbeda-beda walaupun masalah yang di hadapi sama, tergantung dengan kepribadian masing masing penderita kecemasan.

Bentuk-bentuk kecemasan:
yaitu merupakan manifestasi dari rasa cemas seseorang, bentuknya pun bermacam macam tergantung seberapa buruk trauma yang di alami pasien kecemasan, di bagi menjadi 2 tingkatan:
  1. Kecemasan tingkat sedang seperti rasa takut dan gugup, tidak percaya diri
  2. Kecemasan tingkat tinggi seperti rasa takut, panik yang amat tinggi dan cenderung berlebihan.
Prilaku kecemasan secara fisik
Bahasa tubuh juga bisa menunjukan seseorang mengalami masalah kecemasan yaitu:
  • sakit kepala
  • perut mual
  • Pupil mata membesar
  • Jantung berdetak lebih cepat
  • Badan gemetar
  • Merasa lemas dan tidak bertenaga

Cara mengatasi kecemasan
  • Biasakan mengingat dan mengucapkan apa yang anda cemaskan secara berulang-ulang sampai anda bosan, hal ini akan membuat rasa cemas anda berkurang dan hilang dengan sendirinya karena otak akan merespon sebagai sebagai suatu tindakan yang biasa-biasa saja.
  • Jangan terlalu serius menanggapi segala sesuatu itu tidak enak atau menakutkan, semakin fikiran anda terpengaruh dengan hal yang buruk maka, anda semakin merasakan takut dan cemas, jadi hadapi masa lalu anda dengan santai dan berfikir positif.
  • Anggaplah bahwa rasa cemas anda hanya sebuah cerita
  • Tanamkan dalam diri anda bahwa semua kecemasan anda pasti akan berakhir, anda hanya menjalani saja anggaplah bahwa ada hanya sebagai tokoh dalam cerita kecemasan anda.
  • Siapkan waktu untuk mencari solusi tentang problem anda,fokuskan fikiran anda untuk mencari solusi terbaik dari semua masalah anda.
  • Buang semua kepanikan dengan menarik nafas dalam-dalam dan lakukan relaksasi fikiran anda, buang semua permasalahan kecemasan anda seiring dengan hembusan nafas anda.
  • Kendalikan kecemasan anda,apabila anda masih merasakan rasa takut, panik, marah , susah tidur, ini menandakan anda belum bisa mengendalikan rasa cemas anda, jangan biarkan kecemasan anda menguasai fikiran dan fisik anda. Tanamkan dalam diri anda bahwa masalah anda pasti bisa di selesaikan, terus motivasi diri anda dan jangan menyerah.. ingat menyerah berarti kalah.

Jadikan tips tersebut sebagai pengobatan alternatif untuk kecemasan anda, semoga anda terbebas dari kecemasan yang berlebihan.

No comments:

Post a Comment