Khasiat Buah Sirsak dan Daun Sirsak

CREAM GAMAT EMAS

Sunday, August 12, 2012

inilah Bahaya obesitas dan cara mengatasinya

Makanan cepat saji atau fast food menjadi faktor penting sekaligus penyebab dominan dari masalah obesitas atau kegemukan.

Rumus atau panduan untuk menentukan seseorang yang mengalami obesitas adalah dengan menghitung indeks masa tubuh dari pasien, yaitu berapa banyak lemak yang di miliki oleh pasien yang di duga menderita obesitas. seseorang di katakan menderita obesitas apabila mempunyai indeks masa tubuh di atas 30 digit, mengalami masalah ini bukan tanpa resiko, banyak masalah kesehatan yang mengintai penderita kegemukan ini seperti penyakit gula darah (diabetes), gangguan jantung dan hati.

Seperti yang telah saya ulas di atas, penyebab utama obesitas adalah gaya hidup (merokok, alkohol dll) dan pola makan (makanan instan) yang jauh dari kata sehat selain karena faktor lain seperti karena keturunan atau biologis.
Lemak jenuh dalam makanan dan kurang olah raga juga turut bertanggung jawab atas meningkatnya berat badan berlebihan atau obesitas.

Banyak hasil penelitian yang mengungkapkan efek negatif dari masalah obesitas ini dan inilah beberapa akibat gangguan kesehatan yang di akibatkan oleh kelebihan berat badan:

  1. Tubuh penderita akan mengalami kesulitan berjalan atau bergerak karena lutut dan pinggul akan mengalami peningkatan beban lebih berat bahkan bisa 3 kali lebih berat.
  2. Ketika menuruni tangga, penderita obesitas akan mengalami beban 7 kali lebih berat, hal akan sangat menyiksa penderitanya.
  3. Pasien obesitas memiliki resiko osteoartitis di atas 35 % dengan perhitungan kenaikan berat badan sebanyak 10 pound kelebihan berat badan yang naik.
  4. Rheumatoid menjadi masalah selanjutnya dari akibat obesitas, biasanya bagian tubuh yang terkena adalah sendi kaki, lutut dan tangan bahkan bisa menyerang hampir di semua sendi tubuh.
  5. Khusus untuk wanita, 50 % resiko artritis bisa di tekan apabila bisa sanggup menurunkan berat badan minimal 10 puond.

Cara pencegahan obesitas
  • Segera lakukan pola hidup yang sehat dan pola makan yang baik, perbanyak konsumsi makanan alami dan kurangi makanan yang banyak mengandung pengawet, pewarna dan makanan instan.
  • Luangkan waktu minimal 35 menit setiap harinya untuk berolah raga, terutama pada pagi hari.
  • Namun jangan terlalu berat dalam melakukan olah raga, lakukan yang ringan tapi kontinyu, itu akan memberikan efek positif yang banyak.
menutup tulisan saya hari ini, sebelum obesitas terjadi, lakukan kehidupan ini dengan prinsip hidup sehat dan makan sehat, dengan demikian secara tidak langsung anda telah melakukan pencegahan obesitas sejak dini, sampai jumpa pada artikel saya di masa mendatang, selamat siang dan semoga menginspirasi kita semua.

No comments:

Post a Comment