Khasiat Buah Sirsak dan Daun Sirsak

CREAM GAMAT EMAS

Tuesday, August 7, 2012

Cara pengobatan rematik

Seiring dengan perubahan gaya hidup yang semakin instan dan cepat,  penyakit yang datang pun tidak mengenal umur seseorang, seperti halnya dengan penyakit, kalau dulu penyakit rematik lebih sering di derita oleh orang yang berusia lanjut, namun sekarang rematik bisa di derita oleh siapa saja, dari anak kecil sampai orang tua, walaupun dengan cara pengobatan dan penyembuhan rematik yang sama.

Pengertian penyakit rematik.
Dalam ilmu kedokteran di sebut dengan Rheumatoid arthitis (RA) yaitu penyakit yang menyebab peradangan sendi yang telah berlangsung lama dan kronis, penyebab utamanya adalah adanya gangguan autoimun.
Orang yang terkena rematik biasanya memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah sehingga tubuh tidak bisa menahan virus atau bakteri penyebab rematik yang masuk ke dalam tubuh.

Beberapa hal yang menyebabkan kekebalan tubuh turun dan memicu munculnya penyakit rematik:
  1. Pernah menderita penyakit lupus
  2. Mempunyai riwayat diabetes tipe 1
Kenapa seseorang bisa terkena rematik?Yaitu karena gagalnya sistem kekebalan tubuh (sistem imun) mendeteksi datangnya virus atau bakteri penyebab rematik, yang menyerang jaringan sinovium yaitu selaput tipis pelindung sendi.

Efek sesorang yang terkena serangan rematik:
  • Sendi bengkak.
  • Tubuh meradang
  • Terasa nyeri hebat pada beberapa bagian tubuh tertentu yang terkena rematik.

Bagian tubuh yang paling sering terkena rematik:
Hampir semua persendian tubuh seperti sendi kaki bawah, jari tangan dan kaki, lutut, sendi tulang belakang, pinggul, leher dan persendian lainnya.
Keadaan penderita rematik yang memburuk akan mempengaruhi organ dalam seperti jantung, pembuluh darah, paru-paru dan kulit. dan rematik ketika menyerang semua bagian sendi akan merasakan rasa sakit yang sama. tidak seperti osteoporosis yang hanya menyerang satu bagian tubuh saja.

Ciri dan gejala awal rematik.
Anda harus waspada bila tubuh anda mengalami hal-hal seperti di bawah ini:
  1. Merasakan sakit dan nyeri sendi saat cuaca dingin atau setelah makan makanan tertentu.
  2. Merasakan rasa sakit yang berpindah dari satu sendi ke sendi bagian lainnya.
  3. Terjadi pembengkakan pada beberapa sendi yang terindikasi terkena rematik.
  4. Biasanya rasa nyeri rematik menyerang sendi tubuh yang berpasangan (kiri-kanan) seperti pergelangan tang dan kaki.
  5. Mengalami pembengkakan pada beberapa bagian sendi secara bersamaan
  6. Mengalami kaku sendi selama kurang dari 1 jam dan biasanya terjadi pada pagi hari.

penyebab utama penyakit rematik.
Terjadinya serangan balik yang di lakukan oleh sistem kekebalan tubuh penderita sendiri yang menyebabkan menipisnya tulang rawan di sekitar persendian menipis secara perlahan dan membentuk tulang baru, hal ini akan membuat rasa nyeri ketika tulang persendian di gerakan.
Penyakit rematik merupakan tanda adanya indikasi penyakit lain atau menifestasi dari penyakit dalam yaitu depresi, stres berat. ketika seseorang mengalami gangguan mental maka otot tubuh akan mengalami ketegangan tingkat tinggi dan apabila hal tersebut berlangsung lama maka otot yang tegang akan membentuk serat-serat jaringan di antara serat-serat otot, hal ini akan menyebabkan peredaran darah terganggu, racun tubuh tidak bisa di buang dan mengendap pada jaringan tubuh, oksigen berkurang dan racun makin menumpuk, hal ini yang memicu penyakit rematik.

Cara pengobatan rematik
Penderita rematik yang semakin parah, memerlukan pengobatan dengan segera, hal ini di perlukan untuk menghilangkan atau minimal mengurangi rasa nyeri hebat, penyebab peradangan dan mencegah terjadinya deformitas yaitu perubahan bentuk tulang persendian dan memastikan fungsi persendian tetap bekerja dengan normal  dan baik.
Lakukan langkah pengobatan rematik dengan bahan bahan alami untuk menghindari efek negatif ketika melakukan terapi, untuk cara pengobatan dengan bahan bahan alami akan saya bahas pada artikel saya lain waktu, karena artikel ini akan saya akhiri dengan membahasa tentang pantangan yang harus di hindari oleh penderita rematik.

Pantangan makanan dan minuman bagi pasien rematik.
Hindari mengkonsumsi sayuran di bawah ini:
  • Daun bayam, daun singkong, daun jambu mete-asparagus, kacang-kacangan, kedelai.
  • Hindari makan buah:
  • Buah kelapa dan airnya
  • Buah alpukat

Hindari minuman yang mengandung alkohol:
  • Tuak
  • Anggur
  • Wiski
  • Bir
Untuk kopi, coklat dan minum teh masih aman bagi penderita rematik karena tidak mengandung purin pemicu rematik.
Semoga artikel yang saya tulis ini bisa memberikan inspirasi positif bagi anda yang mungkin saat ini menderita penyakit rematik, semoga cepat sembuh.

No comments:

Post a Comment